Day 8 #30DayWritingChallenge

 What fascinates you about life and people around you?


Prau, 2022

Gue penasaran kemana perginya memori gue waktu masih kecil selain semuanya yang nampak abu-abu dan berkabut. Kira-kira apa kata pertama yang bisa gue ucap secara jelas? 

Gue kagum sama langit. Kok bisa ada massa yang terdiri dari tetesan air atau kristal beku yang menggantung di atmosfer yang secara sederhana disebut awan. Atau kok bisa ada banyak bintang yang menggantung di langit? teori tentang alam semesta ini bener nggak sih?. Apapun jawabannya semua yang tersaji di dunia ini bikin gue kagum. Dulu gue punya cita-cita jadi bajak laut gara-gara nonton one piece, tapi setelah baca artikel tentang palung mariana dan segitiga bermuda bikin gue mengurungkan cita-cita itu.

Gue kagum sama perbedaan disekitar gue. Gimana caranya orang dengan latar belakang yang berbeda, pekerjaan yang berbeda bisa kompak nyebut mi instan itu : Indomie, suka lagi. Gue kagum sama cara pandang setiap orang. Apa yang dilihat belum tentu sama, tapi hal yang beda tersebut akan muncul perbandingan-perbandingan yang bisa menentukan sebuah kesimpulan, entah baik atau buruk, entah benar atau salah. Sebentar... Kok bisa ada orang yang nemuin resep buat bikin es kopi susu yang enak kayak gini?. 

Cara pandang akan perbedaan akan menciptakan warna baru dan warna itu akan menyatu dengan warna lainnya untuk jadi lebih indah. Setidaknya itu yang gue kagumi sama sebuah perbedaan.

Dan, ternyata kita memang seberbeda itu. Perumpamaan tentang cara pandang tadi mungkin hanya sebagian kecil dari banyaknya perbedaan yang ada di dunia ini.

Gue sadar bahwa kekaguman gue terhadap perbedaan telah membawa gue sangat jauh dan tenggelam akan ingar bingarnya. Keberagaman yang ada di dunia ini bikin gue sadar kalo ternyata gue sangat kecil ditengah dunia yang luas ini. Kebayangkan betapa ngeboseni hidup ini kalo kita semua sama? Gimana cara gue ngeroasting orang buat jadi candaan tongkrongan? Perbedaan ngasih banyak ikatan yang bisa mempersatukan, asal caranya mengikat benar.

Semua hal. Alam. Hewan. Manusia. Makanan. Film. Musik. Dan semua hal yang ada di dunia ini beserta dengan orang-orangnya.

Gue yakin, setiap harinya pasti akan ada hal hebat menanti untuk dilewati, dan perbedaan serta keberagaman akan menjadi bumbu manis yang membersamainya.



Posting Komentar

0 Komentar