Day 4 #30DaysWritingChallenge




Are you early or nocturnal? Write the pros and cons of being one.





Gue bukan tipikal orang yang suka bangun pagi, bukan juga tipikal orang yang suka tidur terlalu larut. Tapi untuk melakukannya, gue bisa.

Gue lebih senang untuk tidur ketika emang ada waktu untuk tidur. Kalo nggak ada kegiatan yang mengharuskan gue untuk bangun terlalu pagi, gue akan memanfaatkannya untuk tidur lebih lama. Kalo nggak ada hal yang harus gue kerjakan sampai larut malam gue akan memilih untuk tidur lebih cepat. Simple!

Menjadi nokturnal atau enggak sebenernya tergantung sama jam biologis, dan setiap orang beda-beda jam biologisnya. Jadi buat gue, nggak usah mendebatkan mana yang lebih baik.

Banyak orang yang bilang kalo mereka aan lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu dimalam hari, atau kebalikannya banyak yang bisa lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu dipagi hari. Gue sendiri bisa keduanya, asal tempat untuk mengerjakan sesuatu ini tenang dan bikin gue nyaman. Gue cukup sering nulis dimalam hari, tapi nggak jarang juga nulis dipagi atau siang hari. Tergantung mood.

Tapi karena harus menuliskan pro dan kontra terkait topik hari ini, mari coba untuk gue bedah.

Banyak hal yang kadang gue lakukan dimalam hari dan hal ini biasa disebut dengan menjadi nokturnal. Apa yang gue rasakan ketikan sedang menjalaninya? Gue merasa lebih tenang dengan sunyinya malam, tingkat fokus bertambah dan nggak jarang banyak ide yang muncul dikepala gue. Tapi negatifnya badan gue jadi kerasa lebih capek, mungkin karena jam biologis. Dipagi harinya pun gue jadi cenderung lemes dan nggak bersemangat karena energinya banyak kekuras dimalam hari.

Lain halnya dengan kegiatan produktif yang gue lakukan dipagi hari. Untuk mengerjakan suatu hal gue nggak bisa begitu fokus karena kebanyakan hiruk pikuk kegiatan manusia baru dimulai disini. Aktivitas yang gue lakukan juga berupa kegiatan fisik karena cukup susah mendapatkan ide untuk dikerjakan dipagi hari. 

Kesimpulannya adalah, buat gue pribadi ada kegiatan atau suatu hal yang lebih nyaman untuk gue kerjakan entah dimalam atau dipagi hari. Keduanya nggak salah, nggak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Tergantung gimana kalian manage waktu untuk mengerjakannya. Dan hal yang lebih penting adalah jangan lupa untuk tetap menyempatkan beristirahat disela waktu yang ada.

Posting Komentar

0 Komentar