Setelah Satu Tahun Kuliah

 Hallo Gue Wahyu!



Nggak kerasa ya, udah hampir satu tahun berlabel seorang mahasiswa. Yak, sebentar lagi masuk kesemester ganjil atau mungkin beberapa kalian malah udah duluan menginjak tahap itu. Gue sendiri belum, masih ada satu praktikum lagi sebelum akhirnya masuk ke next level.

Yak, satu tahun pola pikir gue diasah dan energi gue dikuras, hal itu bikin gue narik kesimpulan kalo kuliah itu nggak gampang. Banyak hal kompleks yang musti gue pikirin dan itu nggak melulu tentang pelajaran atau nilai mata kuliah yang nggak keluar gara-gara telat absen saat kelas online. Tapi hal-hal lainya seperti biaya kuliah, pergaulan, temen-temen yang datang kalo ada butuhnya dan pergi saat gue udah dirasa nggak berguna, Wadaww. Dan banyak hal lain yang nggak mungkin gue sebutin satu persatu karena khawatir menyinggung perasaan, kan nggak mungkin gue sebutin ada dosen nyebelin yang hobinya marah-marah kalo mahasiswanya nggak tau apa yang diajarin padahal belum diajarin, eh. 

Tapi justru dari berbagai macam permasalahan yang ada dan datang silih berganti bikin gue makin dewasa dalam menyikapinya. Mungkin memang seperti ini cara kampus ngebentuk para mahasiswanya. Kalo diibaratkan, gue lagi diajarin renang dikolam ombak sebelum akhirnya bakal dilepas dilautan, nggak ada yang tau ombaknya bakal kayak gimana, jadi siap-siap aja. Hidup ini keras, FIGHT!!! 

Setelah satu tahun kuliah, banyak hal yang berkembang dan berubah dari diri gue. Mulai terbiasa sama sendiri, terbiasa sama orang yang datang dan pergi begitu aja, terbiasa ngadepin dosen nyebelin. Gue juga terbiasa untuk terbuka sama orang baru setelah dari dulu sangat-sangat tertutup, meskipun perlahan tapi gue ngerasa ini salah satu pergerakan yang bagus buat gue selama kuliah. Gue juga bersyukur dipertemukan dengan orang-orang yang keren. Pandangan tentang dunia jadi lebih luas tapi juga jadi lebih idealis dan sifat labil dari diri gue udah mulai berkurang. Hehe.

Satu lagi, tugas kuliah itu banyak jadi blog ini nggak kepegang, tapi tenang gue masih Wahyu yang suka nulis kok, nggak cuma puisi sekarang juga hobi nulis laprak. Eh, tapi itu hobi atau keterpaksaan ya...(Ekspresi mikir). Nggak terpaksa kok, tapi sebuah keharusan (Pembelaan).

Mumpung sekarang lagi libur, meski bukan liburan semester gue nyempetin buat utak-atik blog ini lagi dan nulis tentunya. Gue masih terus berharap buat bisa aktif lagi nulis di Blog, jadi semoga doa kalian nggak putus buat bikin gue semangat nulis.

Mungkin sekian sesi curhat mahasiswa teknik yang dipandang aneh karena suka nulis pada kesempatan kali ini, semoga setelah satu tahun berlabel mahasiswa bisa bikin gue bosen dengan label tersebut dan bersemangat belajar untuk cepat-cepat melepas label itu, (ini sarkas ya...). 

Dan kepada kalian yang mungkin tahun ini baru menerima label itu, gue ucapkan selamat dan semangat. Nggak usah takut setelah baca postingan ini, kalo stress ya tinggal hiling (ucap seorang pemuda jompo yang suka mengeluh setelah keseringan nunda-nunda tugas).

Posting Komentar

4 Komentar