Curhatan Mahasiswa Rantau Semester Awal

 Halo Gue Wahyu!

Karena disetiap post baru gue selalu aja 'sambat', jadi mending sekalian aja deh gue curhat disini. Topik yang diambil pun sangat relate dengan gue, hehe.

Yak, saat ini gue berkuliah dan menyandang status sebagai mahasiswa. Mungkin terdengar menyenangkan apalagi gue kuiah di UGM, pasti bangga banget. Banyak temen-temen gue yang bilang kalo mereka bangga sama gue padahal udah lama banget kita nggak ngobrol atau bahkan ketemu, ya secara gue kuliah di UGM(bukan sombong). Gue berterima kasih banyak akan hal itu, meski sebenernya nggak akan berpengaruh apa-apa ke kehidupan mereka dengan gue berkuliah di UGM, iya kan?

Awal tau kalo gue bakal kuliah diluar kota dan harus menjalani perantauan nggak ada ekpektasi apa-apa yang gue pikirin. Mungkin karena awalnya masih kuliah online dan belum tau kapan harus berangkat ke Jogja, jadi ya santai-santai aja. 

Sampai sekarang udah semester 2 dan udah cukup lama jauh dari orang tua, gue sadar kalo hidup sendiri itu nggak enak. Mungkin secara kebebasan gue bebas buat ngapain aja, main kemana aja, pulang tengah malem dan lain-lain, tapi secara mental gue rasa terlalu berat. Banyak hal yang biasanya gue dibantu sama orang rumah untuk menjalaninya yang sekarang harus gue kerjain sendiri, seperti ngatur keuangan, masak, dan bangun sahur sendiri. Ya, bangun sahur dan buka puasa jadi hal yang bikin gue bener-bener homesick, karena dengen hidup sendiri, gue jadi harus nyiapin semuanya sendiri. Hal itu yang jadinya bikin gue jarang sahur karena kesiangan dan nggak ada yang ngebangunin.

Meski sebenernya kalo dirumah pun nggak semua hal atau kebutuhan gue dikerjain sama orang tua (pembelaan aja biar nggak disangka manja) tapi rasanya akan lebih baik kalo lo sadar masih ada orang lain disekitar lo. 

Selain jauh dari orang tua, kegiatan perkuliahan yang cukup padat (untuk saat ini) bikin gue lumayan ribet dan setiap hari jadi begitu hectic. Adaptasi udah gue lakuin tapi tetep aja masih keteteran. Mungkin time management gue yang nggak bagus, mungkin juga emang kegiatan yang gue ambil terlalu banyak. 

Terlalu banyak atau enggaknya kegiatan yang gue ambil dimasa kuliah ini sebenernya tergantung dari kacamata setiap orang. Ya, gue ngerasa gini karena ada temen gue yang ikut lebih banyak kegiatan dibanding gue dan ketika kami ketemu, sudah jelas, saling bertukar persambatan. 

Awalnya gue mikir, kuliah di UGM nggak boleh disia-siain, jadi harus cari banyak pengalaman dengan ikut banyak kegiatan. Nggak salah sih, cuma mungkin output yang gue kejar harus sesuai. Lagian, dunia nggak sesempit ruang kelas atau organisasi yang gue ikutin. Semua akan ada hasilnya asal lo nggak cuma diem aja.

Karena padatnya kegiatan yang gue jalanin, mungkin kedepannya gue akan mengurangi dengan mengesampikan kegiatan yang nggak terlalu memberi dampak dihidup gue atau sebenarnya memberi dampak tapi dampak itu udah pernah gue dapetin dijaman sekolah dulu atau bisa gue dapetin diluar kegiatan itu. Gue pengen fokus kedunia yang sekarang memberi dampak positif secara jangka panjang dikehidupan gue, seperti menulis atau fokus kedunia dibidang perteknikan.

Itu semua cuma rencana, perihal apapun yang akan gue jalanin nantinya, gue juga nggak tau. Kita lihat saja, apakah ada cerita baru atau kembali pada segmen sambat dipost tulisan selanjutnya. Hehe.

Mungkin itu aja sambatan si anak UGM yang sering dibanggain temen-temennya padahal nggak pernah bikin pengaruh apapun dihidup mereka. Semoga titipan bangga dari kalian bisa terus mengalir sampe gue lulus nanti. Tapi jangan berekspektasi apa-apa, gue nggak suka dikasih beban harapan.

Apapun yang akan terjadi, buat kalian semua gue ucapin terima kasih udah mau baca curhatan ini, hehe. Sampai ketemu disambat-sambat selanjutnya. Semoga.

bangga nggak? bangga dong


Posting Komentar

0 Komentar